Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Singkat Kapolda NTB Irjen Pol Hadi Gunawan

Keterangan Photo: Dokumentasi Polri

MATARAM, NTB - Irjen Pol Hadi Gunawan merupakan pria kelahiran Selong, Lombok Timur pada 8 Desember 1967. Hadi pernah menjabat sebagai Kasubdit II Ditreskrimsus di Polda NTB pada tahun 2006.

Kemudian ia pernah menjadi Kapolres Sumbawa Barat tahun 2008. Selepas jadi Kapolres Sumbawa Barat, ia ditunjuk sebagai Karo SDM Polda Banten pada tahun 2014.

Lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) 1991 ini berpengalaman dalam bidang SDM. Jabatan terakhirnya adalah Sahlisospol Kapolri.

Pengalaman panjang di bidang SDM mendorong Hadi Gunawan untuk berinovasi dalam rangka mendukung kelancaran tugas. Salah satu inovasinya adalah menciptakan alat bernama Shuttle Run Counter (SRC).

Alat ini mampu mengukur dan melihat kemampuan calon anggota Polri pada tes fisik sehingga calon anggota Polri mendapatkan hasil tes ujian mereka dengan adil dan transparan.

SRC merupakan alat hitung kecepatan lari yang didesain dengan teknik digital untuk memudahkan pengukuran akselerasi maupun kelincahan setiap peserta dalam rangka tes kesemaptaan jasmani, sehingga penghitungan hasil tepat, cepat, dan akurat.

Penggunaan alat SRC yang telah dipatenkan ini tidak terbatas pada saat penerimaan calon anggota Polri, tetapi dapat juga digunakan untuk mengukur kesehatan dan kekuatan personel Polri.

Atas temuan tersebut, Hadi Gunawan mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo saat peringatan HUT ke-72 Bhayangkara pada tahun 2018.

Selain itu, Jenderal bintang dua ini tetap aktif dalam berbagai kegiatan di NTB, salah satunya menjadi anggota Dewan Pakar Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PB NWDI)

Hadi Gunawan juga merupakan peraih Adhi Makayasa AKPOL 1991, Dia memulai karir sebagai Pama di Polres Madiun Kota Polda Jawa Timur. Karirnya terus berkembang dengan penugasan di berbagai posisi dan wilayah.

Karir Hadi Gunawan cukup menonjol di bidang sumber daya manusia (SDM). Dia pernah menjabat Kasubbagrenstra Bagren Rojianstra SSDM Polri pada tahun 2011, sebelum ditugaskan menjadi Kabaggassus Robinkar SSDM Polri pada tahun 2013.

Peraih Pin Emas Kapolri 2021 ini kemudian menjabat Karo SDM Polda Banten pada tahun (2014), Kabag Pangkat Robinkar SSDM Polri pada tahun (2016), dan Karo SDM Polda Lampung pada tahun (2017).

Dia kemudian ditugaskan di Bidang Binkar sebagai Analis Kebijakan Madya SSDM Polri pada tahun (2018), Kabaggassus pada tahun (2018), Kabaginfopers pada tahun (2019) dan Kemenko Polhukam pada tahun (2020), sebelum mengisi jabatan sebagai Sahlisospol Kapolri pada tahun (2023)

Saat ini  Irjen Pol Hadi Gunawan ditunjuk sebagai Kapolda NTB  menggantikan Irjen Pol Drs. Raden Umar Faruq yang memasuki masa purna tugas.*

Posting Komentar untuk "Profil Singkat Kapolda NTB Irjen Pol Hadi Gunawan "