Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Kelembagaan

Photo Tim Penilai Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah 

LOMBOK TENGAH, NTB (gonasional.com) - Potensi lahan pertanian di Kecamatan Praya Tengah cukup membanggakan, pasalnya sampai hari ini, 4. 590 hektar jumlah luas lahan pertanian masih bisa dipertahankan.

Dari ribuan hektar lahan pertanian tersebut berdasarkan data Elektronik Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (ERDKK) dimiliki oleh 7.607 kepala keluarga (KK).

Sementara Praya Tengah memiliki dua komuditas unggulan sebagai tumpuan hidup masyarakat diantaranya, bidang Pertanian khusus tanaman Padi, sementara untuk tanam padi sebagian besar masyarakat Praya Tengah melakukan tanam padi dua kali.

Untuk musim tanam ke tiga, berbagai jenis tanaman ditanam oleh para petani di Praya Tengah mulai dari Kedelai, Jagung dan lain sebagainya, namun untuk musim tanam ke tiga saat ini kebanyakan masyarakat Praya Tengah menanam Tembakau.

Sementara komiditas unggulan ke dua di Praya Tengah adalah sektor  Peternakan. Dalam sektor Peternakan dibagi menjadi dua jenis, ada Peternakan besar dan Peternakan kecil.

Untuk Peternakan besar meliputi ternak Sapi sementara Peternakan  kecil  meliputi ternak Kambing, Domba Unggas (Ayam, Itik dan Puyuh)

Untuk mendukung program unggulan dibidang Peternakan khusunya  ternak besar di Praya Tengah, telah menyiapkan  Tim dari Puskeswan dibawah binaan drh. Sari Kusuma Wardani.

UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah telah membuat trobosan baru berupa Posyandu Ternak, setiap hari Rabo dilakukan kunjungan ke masing masing Posyandu Ternak yang ada di 13 Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Praya Tengah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah Ir. Azhari saat kegiatan penilaian lomba  Kelembagaan di Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah pada Selasa (30/07/2024).

Sementara itu, koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)  Kecamatan Praya Tengah Husnul Mardi, S.Pt dalam selayang pandang di hadapan  para tamu undangan  memaparkan kegiatan kegiatan UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah.

Adapun Program yang telah dilaksanaka oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah diantaranya: Icare, Simurp, AUTP/AUTS, Update Simluhtan, ERDKK/E - Alokasi, kunjungan ke kelompok tani atau perorangan.

Sementara untuk POPT UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah telah melaksanakan diantaranya: budidaya tanaman sehat, Gerdal OPT Serelia, Bimtek PHT, Rubuha, Klinik PHT, Demplot Petak (Pengamatan tetap dan Keliling).

Sedangkan Peternakan dan Kesehatan Hewan UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah telah melaksanakan kegiatan seperti Posyandu Ternak, Vaksinasi PMK, Pendataan dan Penandaan Ternak, Pelayanan Peternakan seperti (IB, Pemeriksaan Kebuntingan dan kelahiran) dan Pelayanan Keswan seperti Pengobatan.

Senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Ir. Muhammad Kamrin dalam sambutannya mengaku dalam kegiatan tersebut merasa suasananya berbeda.

"Di Praya Tengah benar benar membawa suasana berbeda dan situasi serta perasaan yang agak  berbeda," katanya.

"Dari 12 Kecamatan yang pernah dikunjungi hanya di Praya Tengah merasa menjadi bagian dari seluruh stakeholder," tambahnya.

Kegiatan tersebut dikemas dalam konsep  lomba namun semangat sebenarnya bagaimana mengukur, menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintah Daerah dalam sektor Pertanian secara menyeluruh dan tergambar di lapangan pada 13 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan lomba, mencakup hampir seluruh aspek dari lingkup kinerja mulai dari kinerja aparatur UPT, management, semangat dan kekompakan kerja serta intervensi yang dilakukan UPT yang bisa menjadi lahan edukasi penyuluhan langsung kepada masyarakat.

"Saya lihat sepintas, dari laporan koordinator, terjadi perubahan di UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah lebih dari 180 Derajat," sanjungnya.

Kamrin menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah dan dikemas dalam bentuk lomba yang dilakukan sebagai bagian dari evaluasi sejauh mana efektifitas keberhasilan program yang dilaksanakan.

Bagi yang dinilai sukses akan diberikan reward atau penghargaan, ada sembilan katagori dalam penilaian yang tertuang dalam Peraturan Mentri (Permen) dan akan terus dilaksanakan.

"Kedepannya, bagi yang berprestasi akan terus dilakukan pembinaan," Ungkap Kamrin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sudah dua minggu, dan telah dilakukan di UPT Penyuluhan HPT dan Keswan yang ada di 12 Kecamatan, Kecamatan Praya Tengah merupakan Kecamatan terakhir dilaksanakan penilaian.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Praya Tengah, Kapolsek Praya Tengah, Danpos Ramil Praya Tengah, seluruh Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Praya Tengah. (Chien).

Posting Komentar untuk "UPT Penyuluhan HPT dan Keswan Praya Tengah Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Kelembagaan"