Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ribuan Pelaku Usaha Mikro Kecil di NTB Terima Sertifikat Halal

 

MATARAM NTB (gonasional.com)  - Sebanyak 1000 pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima sertifikat halal dari PJ Gubernur Dr. Hasanudin di aula ali II UPT Asrama Haji Embarkasi Lombok Mataram pada Rabu (17/7/2024).

Penerbitan sertifikat halal Self Declare diberikan secara gratis kepada pelaku UMK dan merupakan kerjasama pemerintah Provinsi NTB. Dalam hal ini Dinas Koperasi usaha Mikro kecil dan menengah dengan  Kementerian Koperasi dan usaha kecil dan menengah Republik Indonesia.

PJ Gubernur NTB mengatakan sertifikat halal bagi pelaku UMK merupakan syarat wajib untuk menjamin produknya berkualitas dan aman bagi konsumen.

Pemberian sertifikat halal menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk lokal NTB di kancah Nasional maupun Internasional.

PJ Gubernur NTB berharap NTB menjadi pusat industri produk halal terbesar di wilayah timur Indonesia dan harus diwujudkan bersama. katanya

Industri gaya hidup halal memiliki potensi yang sangat besar dari sisi keuntungan ekonomi dan lapangan pekerjaan. 

Sertifikat halal merupakan upaya pelaku UMK untuk mendapat kepercayaan bagi konsumen dengan menjamin produk-produk yang dijual memiliki kualitas terbaik.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya mendukung program pengembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

PJ Gubernur NTB berharap bagi pelaku UMK memahami manfaat sertifikat halal, bukan hanya berkualitas akan tetapi juga memenuhi standar halal yang baik.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius mengatakan penerbitan sertifikat halal membuka peluang usaha guna memandu pelaku UMK di pasar global. 

Sertifikat halal sudah memakai standar dunia yang menentukan kualitas produk-produk lokal.

"Indonesia optimis menjadi pusat halal dunia, mengingat posisi Indonesia sebagai Negera muslim terbesar di dunia," ungkapnya.

Untuk mendorong percepatan penerbitan sertifikat halal bagi pelaku UMK di NTB, Kementerian Koperasi dan UKM RI terus memberikan dukungan dengan pelaksanaan roadshow kita halalin 1000 UMK di Provinsi NTB. (red).

Posting Komentar untuk "Ribuan Pelaku Usaha Mikro Kecil di NTB Terima Sertifikat Halal "