Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panwascam Praya Tengah Lakukan Bimtek Lanjutan Kepada 146 PTPS

LOMBOK TENGAH, NTB - Sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sebentar lagi tiba, Panwascam Praya Tengah lakukan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada 146 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) bertempat di gedung serbaguna Kantor Desa Dakung Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah pada Jumat 09/02/2024.

Selain dihadiri oleh Komisioner Panwascam Praya Tengah juga hadir Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Tengah dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam penyampaiannya kepada seluruh peserta Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Komisioner Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah menekankan untuk tetap menjunjung tinggi Integritas baik bagi Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan lebih lebih bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)

"Mari kita bersama sama menjunjung tinggi Integritas selaku pengawas pada pemilihan umum ini" Katanya.

Tidak hanya itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Lombok Tengah menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir untuk sama sama mengawasi setiap tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum sesuai taglin. "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu."

Tagline Bawaslu harus masuk ke dalam alam bawah sadar setiap pengawas pemilu. Hal tersebut bertujuan agar pengawas memahami dengan sangat baik peranan Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu.

Bawaslu dalam menginternalisasi peran pengawasan menggunakan beberapa langkah saat merekrut anggota PTPS dan harus diberikan bimbingan teknis terlebih dahulu. Dengan adanya Bimbingan Tekhnis tersebut, diharapkan tagline Bawaslu yang berbunyi: bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu, bisa merasuk ke dalam alam bawah sadar para pengawas pemilu.

Setelah 'tagline' masuk dalam cara pandang anggota pengawas selanjutnya mereka harus memahami tata cara melaksanakan fungsi pengawasan itu. Maka, setelah itu perlu adanya Bimbingan Tekhnis pengawasan seperti cara pengawasan saat pemilihan dan cara mengisi apa yang akan dilaporkan.

Adapun 146 PTPS tersebut berasal dari Desa Pengadang, Desa Beraim, Desa Dakung, Desa Kelebuh, Desa Lelong, Desa Prai Meke, Kelurahan Gerantung, Desa Jurang Jaler dan Desa Pejanggik.

Kegiatan Bimbingan dan Tekhnis lanjutan bagi seluruh PTPS yang ada di Kecamatan Praya Tengah dibagi menjadi dua sesi, sementara sesi kedu akan dilaksanakan pada Sabtu 10/02/2024 di aula Kantor Camat Praya Tengah dan diikuti oleh PTPS yang berasal dari empat Desa diantaranya Desa Batunyala, Desa Lajut, Kelurahan Sasake dan Kelurahan Jontlak.

Posting Komentar untuk "Panwascam Praya Tengah Lakukan Bimtek Lanjutan Kepada 146 PTPS"