Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Give and Give Konsep Kapolsek Praya Tengah Mengayomi Masyarakat

LOMBOK TENGAH, NTB - Konsep Give and Give merupakan salah satu konsep yang dilakukan oleh Kapolsek Praya Tengah IPTU Agus Priyatno, SH dalam mengayomi masyarakat Praya Tengah. Konsep Give and Give tersebut sejak lama ia jalankan semenjak dipercayakan menjadi Kapolsek.

Konsep Give and Give yang ia jalankan luput dari perhatian para Jurnalis khusunya di Kabupaten Lombok Tengah. Namun secara tidak sengaja wartawan media ini mempergokinya pada Jumat 26/01/2024.

Wartawan media inipun meminta sedikit waktu kepada IPTU Agus Priyatno untuk mewawancarainya. Iapun dengan berat hati menjelaskan terkait konsep Give and Give yang sejak lama ia jalankan.

"Prinsip konsep ‘give and give’ adalah memberi dan terus memberi tanpa mengharapkan orang yang kita beri atau kita bantu akan membalas kebaikan kita. Memberi tanpa pamrih. Nothing to lose. Mungkin ini yang lebih membahagiakan" Katanya.

"Kita berbuat baik dan bisa membantu orang lain. Ada kepuasan dihati saat kita bisa menyenangkan orang lain" tambahnya.

Ia pun menyampaikan Konsep ‘give and give’ yaitu terdiri dari:

1. Niat yang ikhlas, 

2. Lakukan yang terbaik 

3. Lupakan, dalam arti tidak usah kita mengingat-ingat bila kita telah berbuat kebaikan.

Lebih lanjut IPTU Agus Priyanto menjelaskan, Mereka yang mempercayai konsep “Take and Give” meyakini bahwa jika kita ingin menerima sesuatu, maka kita harus memberikan sesuatu terlebih dahulu.

Keyakinan ini tidak bisa dikatakan salah. Mengapa? 

Karena fenomena tersebut memang terjadi dan nyata. Sebagai salah satu contoh, ketika kita memberikan tenaga, waktu, serta pikiran kita dalam mengerjakan sesuatu hal. Maka kita akan menerima apresiasi atau pun penghargaan bahkan upah/gaji dari pekerjaan yang sudah kita lakukan.

Singkatnya, subjek yang menjadi konteks dalam hal ini adalah orang yang sama. Konsep seperti ini, bukankah dialami oleh semua orang?.

Jika konsep “Take and Give” berfokus kepada apa yang telah diberikan dan apa yang akan didapatkan. Maka, konsep “Give and Give” hanya terfokus kepada pemberian diri kita kepada orang lain tanpa menghiraukan apa yang akan kita dapatkan nanti.

Jika konsep “Take and Give” berfokus kepada apa yang telah diberikan dan apa yang akan didapatkan. Maka, konsep “Give and Give” hanya terfokus kepada pemberian diri kita kepada orang lain tanpa menghiraukan apa yang akan kita dapatkan nanti.

Posting Komentar untuk "Give and Give Konsep Kapolsek Praya Tengah Mengayomi Masyarakat"