Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Caleg Perempuan Demokrat Dapil 3 Lotim "Baiq Kurniawati" Bertekad Raih Kemenangan Tanpa Uang


LOMBOK TIMUR, NTB - Keberadaan perempuan sebagai calon legislatif (Caleg) kerap kali diasumsikan hanya sebatas mengakomodasi kepentingan keterwakilan 30 persen perempuan untuk mengisi kursi parlemen.

Namun seorang caleg perempuan asal Lombok Timur menepis anggapan tersebut. Adalah, Baiq Kurniawati, calon anggota DPRD Lombok Timur yang justru merasa terpanggil untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat berangkat dari kondisi riil di lapangan.

"Saya mencalonkan diri sebagai caleg berangkat dari kegelisahan saya atas kondisi di lapangan. Jadi bukan sekadar memenuhi kuota dan kepentingan partai yang mengusung," ujar Baiq Kurniawati kepada Barbareto.com, Kamis (9/11/2023).

Alasan lainnya kenapa dirinya memilih terjun ke dunia politik adalah atas dorongan rasa kepedulian dan semangat ingin ikut memajukan wilayahnya, yakni Dapil 3 yang terdiri dari kecamatan Sikur, Terara, dan Montong Gading.

Saat yang sama perempuan yang akrab disapa Baiq Nia itu ingin membuktikan bahwa kemenangan dalam gawe politik ini tidak harus dimenangkan dengan uang. Karena menurut dia, kemenangan yang didapatkan dengan cara seperti itu merupakan awal sebuah kegagalan.

"Sudah tidak jaman nya suara dan dukungan harus dibeli dengan uang, dan janji kosong," tegas alumni Ponpes Al Badriyah Rarang tahun 2005 ini.

Bahkan perempuan yang kesehariannya hanya sebagai ibu rumah tangga (IRT) itu mengaku kalau dalam sosialisasinya ke lapangan sangat banyak dibantu oleh sahabat dan keluarga besar nya.

Luar biasanya lagi, dirinya juga mendapatkan banyak bantuan dari sahabatnya yang berasal dari wilayah luar dapilnya, seperti kecamatan Sakra dan Selong juga ikut turun ambil peran bersosialisasi ke wilayah-wilayah dapil 3.

Ketika ditanya kiat-kiat dia di lapangan dalam meraup simpati pemilih, ia memberikan pengakuan yang membuat kagum, dimana dirinya tidak memiliki konsultan politik atau bahkan timses bergaji.

"Semua yang bekerja di lapangan murni sukarelawan yang kadang transport dan jajannya mereka biayai sendiri. Kita tidak punya banyak uang seperti kebanyakan caleg lain, tapi kita punya tim yang murni berdasarkan persahabatan dan kekeluargaan," ucapnya.

Karena itu, melalui media ini dirinya menyampaikan pesan khususnya kepada saudaranya, sahabat, dan semua warga yang ada di dapil tiga untuk bergabung raih kemenangan untuk membangun wilayah dapil tiga agar lebih maju dan lebih baik. 

"Tidak ada kita buat janji dan dongeng-dongeng indah. Bagi saya, jeruti arak dua, bukti si berua," ujar Baiq Nia menutup wawancara ini dengan sesenggak sasak sembari memberikan salam dua jari.

Sebagai tambahan informasi, Baiq Kurniawati tercatat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Partai Demokrat dengan nomor urut 2 (dua) Daerah Pemilihan (Dapil) 3, sebagai salah satu peserta pileg tahun 2024 mendatang.

Ia lahir di Desa Kalitemu pada bulan Agustus tahun 1985 dari keluarga sederhana pasangan Lalu Kartalam (alm) dan Baiq Fatimah (alm). Keseharian Baiq Nia hanya sebagai ibu rumah tangga (IRT).

Wanita yang memiliki 9 (sembilan) saudara ini berlatar belakang santriwati. Ia dikenal sebagai sosok yang ramah dan religius, memiliki banyak sahabat dan keluarga besar di desa Rarang, Sukadana, Suradadi, Montong Gading dan hampir di seluruh penjuru kecamatan Sikur, Terara dan Montong Gading.

Posting Komentar untuk "Caleg Perempuan Demokrat Dapil 3 Lotim "Baiq Kurniawati" Bertekad Raih Kemenangan Tanpa Uang"