Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RSUD Praya Bebaskan Biaya Perawatan Pasien Asal Peringgarata

LOMBOK TENGAH, NTB - RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah bebaskan biaya perawatan pasien asal Desa Peringgarata, Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, hal tersebut disampaikan saat pertemuan antara pihak RSUD Praya dengan Direktur Forum Peduli Pembangunan dan Pelayanan Publik, di ruang rapat Rumah Sakit Umum Daerah Praya pada Sabtu 21/10/2023.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh dokter spesialis bedah saraf, dokter Teuku Arie, Kabid Pelayanan dan Administrasi dr. Basirun beberapa petinggi Rumah Sakit Umum Daerah Praya serta Direktur Forum Peduli Pembangunan dan Pelayanan Publik Lalu Habiburrahman Al Buntari didampingi beberapa anggota.

Pihak rumah sakit H L. Najmul Erpan selaku Kabid Keperawatan  mengatakan bahwa "unsur pelaksana dalam penyelesaian administrasi, kebijakan ada di dokter dan direktur, kemarin tidak bisa diselesaikan karena tidak adanya penentu kebijakan, namun tadi sudah ada penyelesaian antara orang tua pasien dan pihak rumah sakit terkait kebijakan dalam penyelesaian tanggungan yang ada" katanya.

"Namun berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter rumah sakit, bahwa pasien mengalami demam sehingga disepakati penambahan waktu perawatan untuk dilakukan observasi" tambahnya.

Sementara itu dokter Basirun mengatakan "Dalam penentuan apakah pasien diperbolehkan pulang atau tidak berdasarkan keputusan dari dokter penanggung jawab (dpjp)"Katanya.

"Pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Praya terdiri dari beberapa pelayanan diantaranya pelayanan perawat, pelayanan bidan dan dokter penanggung jawab (dpjp), namun dalam menentukan pasien boleh pulang atau tidak kewenangan dari dokter penanggung jawab (dpjp)" jelasnya.

Observasi dilakukan sampai hari Senen mendatang dengan kesepakatan biaya menjadi tanggung jawab pihak Rumah Sakit Umum Daerah Praya. Sementara untuk perawatan lanjutan pasien pasca perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Praya menjadi pertimbangan pihak keluarga pasien karena akan dilakukan operasi kedua.

Sementara itu Direktur forum peduli pembangunan dan pelayanan publik Lalu Habiburrahman Al Buntari menyampaikan apresiasi terhadap pihak Rumah Sakit Umum Daerah Praya yang telaah melakukan proses medis sesuai dengan Standar Operasional (SOP) dan mengucapkan terimakasih kepada pihak managemen Rumah Sakit Umum Daerah Praya telah memberikan kebijakan membebaskan biaya perawatan kepada pasien atas nama Susilawati.

Lalu Habiburrahman menyampaikan harapan kepada pihak rumah sakit umum daerah Praya kedepannya tidak terjadi hal hal seperti ini.

Lalu Habiburrahman juga berharap kepada pihak managemen rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pasien atau masyarakat lebih humanis sosialis dan komunikatif agar tidak terjadi miskomunikasi. Katanya.

Sementara itu ditanya terkait surat yang akan dilayangkan kepada Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri untuk melakukan evaluasi terhadap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Praya dan jajarannya tetap akan ia lakukan.

"Mengenai surat permohonan evaluasi terhadap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Praya dan jajarannya kepada Bupati Lombok Tengah tetap akan kami layangkan" tutup Lalu Habiburrahman.

Posting Komentar untuk "RSUD Praya Bebaskan Biaya Perawatan Pasien Asal Peringgarata "