Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UKM Yoga IAHN Gde Pudja Mataram Gelar Yoga Masal Peringati Internasional Day Of Yoga

MATARAM, NTB - Hari yoga internasional ke - 9 tahun 2023 dilakukan secara massal, berkolaborasi antara unit kegiatan mahasiswa (UKM) Yoga Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram dengan perkumpulan praktisi yoga nasional indonesia (PPYNI) Nusa Tenggara Barat.

Acara ini juga dirangkai dengan peringatan HUT UKM Yoga IAHN Gde Pudja Mataram ke-17 yang bertempat di Taman Loang Baloq, Mataram, Minggu 18/6/2023.

Yoga massal yang diikuti oleh ratusan peserta ini datang dari berbagai kalangan, seperti dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga dari kalangan masyarakat umum.

Ketua Umum PPYNI NTB, Dra. Nursiah atau biasa disapa Bunda Noer merasa bangga, serta sangat mengapresiasi keberadaan para praktisi yoga yang terbentuk dalam komunitas, baik di kalangan mahasiswa, pelajar maupun dari kalangan umum. Dimana hampir di setiap tempat latihan kebugaran selalu ada class khusus Yoga.

Dan untuk era sekarang ini yoga tidak lagi didominasi oleh kalangan tertentu, seiring dengan perkembangan zaman, yoga sudah menjadi salah satu gaya hidup sehat atau lifestyle di tengah masyarakat yang perduli akan kesehatan terhadap dirinya dan pilihan yang tepat bagi semua usia, mulai dari usia anak-anak, dewasa, hingga lansia, jelas Bunda Noer.

"Oleh karenanya, saya berharap kepada kita semua, siapapun yang mempunyai kegiatan-kegiatan terkait dengan kebugaran masyarakat! untuk dapat melibatkan PPYNI sebagai Inorg yang tergabung di KORMI dibawah Kemenpora untuk menuju Masyarakat Indonesia Bugar 2045 mendatang" harapnya.

Lebih lanjut Bunda Noer mengatakan, seperti UKM YOGA dari IAHN GD. Pudja Mataram telah melibat Inorga (Induk Organisasi Olahraga) PPYNI NTB untuk Kegiatan IDY ke-9 ini merupakan yang ke-2 kalinya kita laksanakan secara bersama.

Dalam kegiatan ini menampilkan Instruktur instruktur profesional yang tergabung di PPYNI NTB, seperti Master Edi yang menjabat sebagai Wakil Ketua PPYNI NTB. Selain itu, juga melibatkan Instruktur² dari beberapa tempat, diantaranya YLC, Asana Yoga, Dynamic Studio, Bale Bugar dan yang tidak kalah spektakulernya perayaan IDY tahun ini dimeriahkan dengan penampilan Bollywood, yaitu olahraga dance dari India oleh Instruktur Eko Dynamic Studio.

Acara ini dipersiapkan oleh UKM Yoga IAHN Gde Pudja Mataram yang mengundang seluruh pencinta Yoga di pulau Lombok. UKM Yoga sendiri adalah Organisasi Kemahasiswaan di IAHN Gde Pudja Mataram yang sejak tahun 2006 terus aktif dalam pengembangan Yoga dengan visi Memasyarakatkan Yoga dan Meyogakan Masyarakat.

Yoga massal ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan serta perwakilan dari Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia Kab-Kota, yang nantinya diharapkan akan dapat mengembangkan olahraga yoga di masyarakat, karena dari PPYNI pusat telah mempermudah kita dalam berYoga tanpa matras dengan melakukan Yoga Kebugaran Indonesia (YKI), jelas Buda Noer.

Sedangkan pembina UKM Yoga IAHN Gde Pudja Mataram, I Wayan Rudiarta turut mengapresiasi dengan adanya acara yoga massal ini.

"PPYNI ikut memeriahkan acara kami, bersama kita cukup meriah hari ini. Yang dilakukan tadi latihan dasar Asana dan Pranayama, namun keterbatasan waktu," kata Rudi.

Sementara Wakil Ketua PPYNI NTB, Ketut Edi Ariawan, S.Ag, M.Pd.H yang ikut serta dalam memimpin yoga massal ini, berharap dengan adanya kegiatan ini akan bisa membangun motivasi gerakan inti. "Dan salah satu olahraga yang bisa diminati oleh masyarakat yang memang manfaatnya sangat luar biasa untuk fisik mental", kata Edi yang juga saat ini menjabat sebagai kepala seksi agama Hindu di Kementerian Agama Lombok Barat.

Perlu di ketahui bahwa yoga adalah olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan tubuh atau penyatuan Jiwa Raga dan Fikiran.

Posting Komentar untuk "UKM Yoga IAHN Gde Pudja Mataram Gelar Yoga Masal Peringati Internasional Day Of Yoga"