Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Tugas dan Fungsi Sat Sabhara, Berdasarkan Penjelasan I Gusti Made Suarjaya

LOMBOK UTARA, NTB - Beberapa Satuan di Polres Lombok Utara memiliki tugas dan fungsi masing masing, adapun satuan yang ada di Polres Lombok Utara diantaranya adalah Satuan Sabhara ((Samapta Bhayangkara), Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim), Satuan Reserse Narkoba (Sat Res Narkoba), Satuan Intelkam, Satuan Binmas, Satuan Lalulintas (Sat Lantas), dan Satuan Polisi air dan udara (Sat Polairud).

Satuan Sabhara memang jarang terpublish di masyarakat tidak seperti Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat Lantas pada umumnya namun ternyata memiliki peranan penting serta memiliki tugas yang tidak kalah dengan satuan lainnya di masing masing Polres khususnya Polres Lombok Utara.

Dari hasil wawancara langsung dengan Kepala Satuan Shabara (Kasat Sabhara) Polres Lombok Utara IPTU I Gusti Made Suarjaya pada Senen 01/05/2023 didapatkan penjelasan tentang tugas dan fungsi Satuan Shabara pada umumnya diantaranya.

Satuan Sabhara (Sat Sabhara) melaksanakan Turjawali (Pengaturan, penjagaan, pengawalan dan Patroli) dan pengamanan kegiatan masyarakat serta objek vital, TPTKP, pengamanan Tipiring, pengendalian masa dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dan pengamanan Markas.

Lantas apa perbedaanya dengan Satuan PamObvit......?

Ini penjelasan IPTU I Gusti Made Suarjaya

Satuan PamObvit menyelenggarakan pengamanan Obyek Khusus yang meliputi personel dan fasilitas, Materil dan logistik, kegiatan didalam fasilitas Negara, perwakilan Negara asing, lingkungan industri termasuk VIP dan Obyek pariwisata yang memerlukan pengamanan khusus.

Apakah disemua Polres dibawah jajaran Polda NTB sudah ada Satuan PamObvit...?

Tentu jawabannya Tidak Kata IPTU I Gusti Made Suarjaya.

Satuan PamObvit dibawah jajaran Polda NTB khususnya hanya sudah terbentuk di Polres Lombok Tengah.

Sementara untuk Polres lain fungsi Satuan PamObvit masih berada dan dilaksanakan oleh Satuan Shabara masing masing Polres dibawah jajaran Polda NTB.

"Sebenarnya Sat PamObvit berdiri sendiri tapi untuk dibeberapa Polres masih dibawah Sat Samapta dikarenakan untuk pembentukan di Polres polres masih di ajukan terpisah nanti, yang baru teralisasi hanya Polres Lombok Tengah sementara untuk Polres yang lain masih bergabung dengan Samapta atau dibawah Samapta" Kata I Gusti Made Suarjaya.

Sementara itu ditanya terkait Sistem dalam menakhodai Sat Samapta Polres Lombok Utara dibandingkan dengan menakhodai Sat Polairud sebelumnya dikatakan IPTU I Gusti Made Suarjaya adalah:  untuk HTCK, SOP dan CB pasti berbeda dengan yang saya awaki dulu, untuk sistem administrasi, tekhnik dalam pelaksnaan tugas tugas dan pedoman kerja pasti sama" jelasnya.

Sebagai informasi bahwa IPTU I Gusti Made Suarjaya sebelum menakhodai Sat Samapta Polres Lombok Utara sebelumnya ia pernah menakhodai Sat Polairud Polres Lombok Barat.

Posting Komentar untuk "Ini Tugas dan Fungsi Sat Sabhara, Berdasarkan Penjelasan I Gusti Made Suarjaya"