Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritual Adat Sedekah Laut Mendapatkan Pengamanan Polsek Tanjung

LOMBOK UTARA, NTB - Acara tradisi sedekah laut rutin dilaksanakan oleh Nelayan setiap dua tahun sekali dilaksanakan di Dusun Jambianom, Desa Medana, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Kamis 15/12/2022.

Hal ini dilaksanakan dengan tujuan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah SWT, terhindar dari musibah kecelakaan di laut dan mendapat hasil yang melimpah, untuk menambah kesejahteraan para nelayan.

Kegiatan Sedekah Laut (Nyawen) mendapatkan pengamanan dari Polsek Tanjung.

Kegiatan yang diawali dengan Pelarungan Sesajian ke laut sebagai bentuk rasa syukur nelayan Dusun Jambianom kepada Tuhan yang maha esa atas hasil laut yang di berikan.

Kepala Dusun Jambianom Sulaiman menyampaikan bahwa kegiatan acara Nyawen sebagai bentuk rasa syukur kami nelayan Dusun Jambianom atas hasil laut yang melimpah pada tahun ini.

"Kegiatan Nyawen rutin dilakukan setiap dua tahun sekali" kata Kepala Dusun.

Dalam kegiatan adat Nyawen, kegiatan nelayan di Dusun Jambianom di tiadakan selama tiga hari untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan di tengah laut, karena menurut kepercayaan pada saat itu roh para leluhur sedangan mengadakan acara yang sama seperti kami disini dan nanti pada hari minggu baru para nelayan mulai melakukan aktifitasnya kembali.

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta, SIK., MH melalui Kapolsek Tanjung AKP W.B Cahyono, SH mengatakan dalam Pengamanan Sedekah Laut (Nyawen) personil Polsek Tanjung memberikan pengamanan baik terbuka maupun tertutup.

Pantai acara memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Lombok Utara dengan adanya pengamanan, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Posting Komentar untuk "Ritual Adat Sedekah Laut Mendapatkan Pengamanan Polsek Tanjung "