Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Baypass Tertimbun Material Longsor Dan Puluhan Rumah Warga Tergenang Air

LOMBOK TENGAH, NTB - Jalan Baypass tertimbun material longsor dan belasan rumah warga tergenang banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, mengantisipasi hal tersebut Polsek Pujut melakukan monitoring pada Jumat 23 Desember 2022 pukul 10.00 wita.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, SIK, MM melalui Kapolsek Pujut IPTU Derpin Hutabarat, SH, M.hum dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa monitoring yang dilakukan Polsek Pujut sebagai upaya mengantisipasi dan mengetahui kondisi wilayah yang terdampak genangan air, banjir dan tanah longsor.

Dari hasil monitoring dan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas masing masing Desa serta warga masyarakat, terdapat beberapa wilayah yang terdampak diantaranya:

Dusun Petewong Desa Sukadana terdapat sekitar 15 rumah warga yang halaman rumahnya tergenang air.

Dusun Pogem Desa Sukadana terdapat 4 halaman rumah warga juga tergenang air.

Dusun Rangge Galung Desa Bangkat Parak terdapat sekitar 21 halaman rumah tergenang air dan sekitar 9 rumah yang mengalami air masuk kedalam.

Dusun Pasung dan Celuakan Desa Bangkat Parak terdapat beberapa genangan air pada halaman rumah warga.

Dusun Gerupuk Desa Sengkol terdapat genangan air pada halaman rumah dan sekolah.

Bukit Dusun Bajak Desa Sukadana terjadi longsor dimana bebatuan dan tanah menghalangi setengah Jalan Baypass BIL - Mandalika.

Dari hasil monitoring, penyebab terjadinya genangan air pada halaman rumah warga dan masuknya air dalam rumah warga diakibatkan oleh luapan air pada saluran/gorong - gorong akibat intensitas hujan tinggi dan tersumbatnya saluran saluran yang ada di pemukiman warga.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Polsek Pujut selain berkoordinasi dengan tokoh masyarakat terkait data warga yang terdampak juga melakukan himbauan kepada masyarakat untuk bersama sama mengantispasi curah hujan yang semakin tinggi dengan melakukan pembersihan pada saluran saluran yang ada di pemukiman warga guna lancarnya aliran air.

Namun sampai berita ini diturunkan yang terdampak secara umum terpantau aman, dimana masyarakat masih melakukan pembersihan rumah mengeluarkan air serta saluran / gorong gorong guna memperlancar aliran air yang menggenangi halaman rumah warga.

Posting Komentar untuk "Jalan Baypass Tertimbun Material Longsor Dan Puluhan Rumah Warga Tergenang Air "