Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karutan Praya Fasilitasi Warga Binaan Dalam Mengembangkan Kemampuan Dan Keterampilan

Hasil kreativitas warga binaan rutan Praya

LOMBOK TENGAH, NTB - Rumah Tahanan (Rutan) Praya, Kabupaten Lombok Tengah lakukan pembinaan baik berupa pembinaan mental maupun pembinaan keterampilan bagi warga binaannya, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Praya Jumasih, A.Md.IP, S. Sos  saat ditemui wartawan gonasional.com  disela sela kesibukannya pada Selasa 11/10/2022.

Wartawan Media ini pun sempat diajak oleh Karutan Praya berkeliling yang didampingi beberapa pegawai rutan praya pada setiap blok yang dihuni oleh warga binaan untuk melihat situasi dan kondisi (Sikon) warga binaan bahkan yang terakhir menyempatkan diri melihat situasi dapur warga binaan.

Saat berkeliling terlihat seluruh warga binaan sibuk dengan kegiatan masing masing sesuai dengan keterampilan dan keahliannya mulai dari keterampilan membuat hiasan bunga dari bahan bekas, revarasi elektronik revarasi mesin mesin peralatan milik rumah tahanan bahkan terlihat warga binaan bermunajat Kepada Allah pada tempat peribadatan (Masjid) yang ada di dalam rutan.

Karutan Praya Jumasih, A.Md.IP, S. Sos mengatakan bahwa setiap keahlian/ kemampuan yang dimiliki warga binaan terus diberikan kesempatan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuannya masing masing dengan harapan kedepannya bisa dimanfaatkan kembali untuk kehidupan yang normal dan menjadi lebih baik.

Salah satu warga binaan yang ditemui oleh awak media ini mengatakan bahwa sekalipun berada di dalam rumah tahanan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki tetap bisa diasah dan dikembangkan dengan difasilitasi oleh pihak rumah tahanan.

Suasana keakraban, kebersamaan bernuansa kekeluargaanpun terjalin dengan baik, terlihat seolah olah tidak ada masalah yang terjadi pada diri warga binaan masing masing.

Karutan Praya Jumasih, A.Md.IP, S. Sos juga menjelaskan bahwa setiap seminggu sekali tepatnya hari Jumat rutin diberikan  siraman rohani kepada warga binaan dengan memberdayakan pegawai rutan Praya yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidang itu, selain itu juga dengan memberdayakan ex warga binaan yang ada.

Posting Komentar untuk "Karutan Praya Fasilitasi Warga Binaan Dalam Mengembangkan Kemampuan Dan Keterampilan"