Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Balai Guru Penggerak NTB menggelar Lokakarya VII angkatan IV Provinsi NTB

LOMBOK UTARA, NTB - Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) merupakan salah satu langkah strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) sebagai upaya menggerakkan ekosistem pendidikan serta stimulator dan mediator berbagai praktik guru untuk penerapan kebijakan merdeka. 

Mengejar tujuan tersebut, Balai Guru Penggerak NTB menggelar Lokakarya 7 angkatan 4 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilaksanakan serentak pada tiga kabupaten yaitu Lombok Utara, Lombok Timur dan Bima dari 14 hingga 15 Oktober 2022. 

Di Kabupaten Lombok Utara, lokakarya diselenggarakan di SDN 8 Sekong Kecamatan Tanjung dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Adenan, S.Pd, M.Pd. 

Dalam lokakarya 7 angkatan 4 Guru Penggerak KLU mengusung tema Kegiatan Festival Panen Hasil Belajar, dengan kegiatan kelas berbagi dan pameran hasil karya dari masing-masing siswa. 

Kadis Dikbudpora Adenan sebelum membuka lokakarya mengatakan guru penggerak adalah guru yang bergerak tergerak dan menggerakkan. 

"Jangan jadi guru yang pelit, karena bapak/ibu ini adalah guru-guru pilihan karena prosesnya panjang. Ketika bapak ibu guru ini lulus maka akan dibuktikan dengan perbuatan," pesan Adenan. 

Ia juga mengapreasi calon guru penggerak asal KLU, meski dengan keterbatasan sembari mengucapkan rasa syukur ada dua orang Juara 2 Umum dan 1 orang juara tiga lomba Lasqi tingkat provinsi mewakili Lombok Utara dari 8 lomba yang diikuti, sementara peserta yang berangkat juga 8 orang. 

"Saya yakin, dengan bapak/ibu guru penggerak  karena seperti yang kita perhatikan tadi tidak semua guru mampu menampilkan ekspresi dalam bentuk tari di depan audience. Saya yakin inipun tanpa latihan, guru penggerak memang akan mewarnai pendidikan KLU," pungkasnya. 

Dalam pada itu, Kepala Balai Guru Penggerak NTB, Suka M.Pd mengapresiasi kegigihan guru penggerak sembari menyampaikan KLU patut berbangga memiliki CGP yang hebat dan bisa berkiprah di tingkat provinsi. 

"CGP angkatan 4 ini adalah CGP paling lama, selama guru penggerak karena ada masa transisi sampai 13 bulan, dan ini pertama kalinya lokakarya diadakan di sekolah, beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pesan saya kepada Calon Guru Penggerak KLU, jadilah pemimpin pembelajaran, jadilah praktisi berbagi, dan jadilah fasilitator yang mendengarkan keluhan peserta. Untuk Bapak Kepala Dinas, 54 CGP ini adalah potensi yang dimiliki KLU harus terus diperhatikan dan ditingkatkan," pesan Suka. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Bambang Siswanto, melaporkan, kegiatan lokakarya itu dilakukan dua hari dengan jadwal kegiatan pada hari pertama kelas berbagi di kelas, sedangkan hari kedua panen raya hasil lokakarya selama dua hari. 

"Panitia di sini ada dua, panitia lokal dan panitia dari BGP dan anggaran yang di gunakan adalah anggaran dari BGP," tutup Bambang. (red).

Posting Komentar untuk "Balai Guru Penggerak NTB menggelar Lokakarya VII angkatan IV Provinsi NTB"